Pengertian arsitektur
komputer adalah dapat
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara
interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik
komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang
bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur von Neumann
(atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von
Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer
pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4
(empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol,
memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian
tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
3 sub-kategori
arsitektur komputer
Arsitektur komputer
ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
- Set
intruksi (ISA).
- Arsitektur
mikro dari ISA, dan juga
- Sistem
desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware)
komputer ini.
Arsitektur
Von Neumann
Central Processing Unit (CPU)
CPU atau satuan merupakan tempat
pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini
disebut microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (
control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit).
Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
Control Unit
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada
sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan
data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi
dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil
data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika
atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke arithmetic
and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main
memory lagi untuk disimpan. Jadi tugas dari control unit adalah :
- mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
- mengambil instruksi-instruksi dari main memory
- mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
- mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
- menyimpan hasil proses ke main memory
Arithmetic And Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan
semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang
operasi aritmatik yang lainnya seperti
pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga
sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi
aritmatik ini disebut adder. Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari
operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu
=, <>, <, >, <+, >=.
0 komentar:
Posting Komentar