Pages

Peranan Desain Pemodelan Grafik Dalam Interaksi Manusia Dengan Komputer

Jumat, 28 November 2014

Peranan Desain Pemodelan Grafik Dalam Interaksi Manusia Dengan Komputer

Peranan desain pemodelan grafik sangatlah penting dalam interkasi manusia dengan komputer atau dalam istilah bahasa asingnya adalah Human Computer Interaction (HCI) dimana fungsi pemodelan grafik adalah membuat sesuatu yang dapat mempermudah pengguna atau user baik dalam menjalankan suatu program agar mudah dimengerti atau membuat sesuatu yang mudah di sentuh, enak dilihat dan mudah digunakan dan sesuai atau efisien.

Dalam mewujudkan suatu pemodelan grafik yang benar-benar efisien tidaklah mudah, disini harus adanya sinkronisasi dalam proses interaksi manusia dengan komputer dimana disini manusia sebagai pengendali proses yang ada di komputer dan komputer pun harus mendapatkan cara komunikasi elektronik agar dapat sinkron dengan user maka dari itu di bagilah beberapa bagian-bagian metode yang di gunakan untuk prosesnya antara lain :

  1. Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer dimana interaksi tersebut dapat berupa bentuk fisik.
  2. Faktor manusia, disini manusia berpihak sebagai user dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem kerja pada komputer.
  3. Interaksi antar manusia dan komputer, yah seperti yang dijelaskan diatas disini harus terdapat sinkronisasi antara manusia dengan komputer.Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
1.    Teknik elektronika & ilmu komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.

2.    Psikologi
Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna.

3.    Perancangan grafis dan tipografi
    Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer.

4.    Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.

5.    Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.

6.    Linguistik
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah.

7.    Sosiologi
Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.


Role Modeling Graphic Design In Human Interaction With Computers

Role modeling graphic design is very important in human interaction with the computer or in terms of its foreign language is the Human Computer Interaction (HCI) in which the function of the graph modeling is to make something that can facilitate both the user or users to run a program that is easy to understand or make things easier in touch, easy on the eyes and easy to use and appropriate or efficient.

In realizing a graph modeling a really efficient is not easy, here need any synchronization in the process of human interaction with the computer where it is human as a control process on the computer and the computer must have a way of electronic communication in order to be able to sync with the user and therefore in divide some parts of the methods used for the process include:
  1. Ergonomics, human relationship with the machine / computer where such interactions may be a physical form.
  2. The human factor, human herein siding as the user where the user is a duty of the government to process a job in the computer system.
  3. The interaction between humans and computers, as described above well here there must be synchronization between humans and computers.
  4. Ability aesthetics of graphic design is an important improvement to the design of human-computer system as the user interface to be more flexible and powerful. However, it can not be claimed to be a new media textual and graphic appearance underdog. Clearly, no individual can be expected to have formal training in all these areas, although demand is high enough for a person with a multidisciplinary background, the combined capabilities of computer systems with multiple human science expertise. A more realistic alternative is to go to a thorough understanding of the level of awareness of the subject areas relevant, may be combined with special knowledge in one or more fields. The level of awareness of the essence of science is specifically for engineers and computer scientists, which basically is expected to design a user interface-system as part of the system design process is menyeluruh.Para human computer interface designer hopes that he designed a computer system can be familiar and friendly with users (user friendly).
       To make a good interface is necessary to understand some of the fields of science, among  others:
  1. Mechanical electronics and computer science : Provide a framework to be able to design a system of HCI
  2.  Psychology : Understanding the nature and habits, perception and cognitive processing, motor skill user.  
  3. The graphic design and typography : A similar picture can mean a thousand words. Pictures can be used as a very effective means of dialogue between humans and computers.
  4. Ergonomics : Associated with the physical aspect to get a comfortable working environment, eg shape work desk & chair, display, keyboard shape, posture, setting lights, workplace hygiene.
  5. Anthropology : Human sciences, gives an overview of how to work in groups that each - each member can contribute according to their fields.
  6. Linguistic : Is a branch of science that studies of language. To perform the necessary dialogue adequate means of communication in the form of a specific language, eg a graphical language, natural language, the language menu, command language.
  7. Sociology : Studies on the effects of human-computer systems in the social structure, such as the presence of layoffs due to office automation.
SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

 
Nothing To Share © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting